Skip to main content

Makalah Peranan Air Dalam Kesehatan



Makalah Peranan Air Dalam Kesehatan

BAB I
PENDAHULUAN
1.1                                                  Latar Belakang
Air merupakan sumber daya alam yang sangat bermanfaat bagi makhluk hidup dan kehidupan. Tanpa air tidak akan ada kehidupan. Makhluk hidup yang ada di bumi ini tidak dapat terlepas dari kebutuhannya akan air. Air merupakan kebutuhan utama dari proses kehidupan di bumi ini.
Manusia sangat membutuhkan air untuk melanjutkan kehidupannya. Sebagian besar tubuh manusia juga mengandung air. Air tentunya berperan penting terhadap kesehatan manusia. Namun dewasa ini air menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian. Untuk mendapatkan air yang bersih dan memenuhi standar merupakan hal yang langka karena air sudah banyak tercemar bermacam-macam limbah dari kegiatan manusia. Air yang tercemar dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan manusia.Oleh karena hal diatas kami akan membahas makalah dengan judul “Peranan Air bagi Kesehatan Manusia”.

1.2  Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang telah kami kemukakan di atas, maka rumusan masalah adalah sebagai berikut:
1.       Bagaimanakah hubungan manusia dengan air ?
2.       Bagaimana peranan air terhadap kesehatan manusia  ?
3.       Bagaimana pengaruh air terhadap kesehatan manusia ?

1.3   Tujuan Penulisan Makalah
Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Mengetahui hubungan air dengan kehidupan manusia.
2.      Mengetahui peranan air terhadap kesehatan manusia.
3.      Mengetahui pengaruh air terhadap kesehatan manusia.
4.      Memberikan manfaat bagi  kesehatan manusia.
 

BAB II
PEMBAHASAN

2.1. Hubungan Air dengan Manusia
Air di dalam tubuh manusia berkisar antara 50 – 70% dari seluruh berat badan. Air terdapat di seluruh badan. Tulang terdapat air sebanyak 22% berat tulang , di darah dan ginjal sebanyak 83%. Pentingnya air bagi kesehatan dapat dilihat dari jumlah air yang ada di dalam organ, seperti 80%  dari darah terdiri atas air ,25 % dari tulang, 75% dari urat syaraf, 80%  dari ginjal , 70% dari hati, dan 75%  dari urat syaraf , 80%  dari ginjal , 70% dari hati, dan 75 % dari otot adalah air. Kehilangan air 15% dari berat badan dapat mengakibatkan kematian. Karenanya orang dewasa perlu minum minimal 1,5 – 2 liter air sehari. Kekurangan air ini menyebabkan banyaknya ditemukan penyakit batu ginjal dan kandung kemih di daerah tropis seperti indonesia , karena terjadinya kristalisasi unsur-unsur  yang  ada di dalam cairan tubuh.
Air diperlukan untuk melarutkan berbagai jenis zat yang diperlukan tubuh. Sebagai contoh, oksigen perlu dilarutkan dahulu sebelum dapat memasuki pembuluh-pembuluh darah yang ada di sekitar alveli. Demikian pula halnya dengan segala zat makanan yang hanya dapat diserap apabila dapat larut di dalam cairan yang meliputi selaput lendir usus. Semua reaksi biokimia di dalam tubuh manusia dan hewan terlaksana di dalam lingkungan air. Air sebagai bahan pelarut, membawa segala jenis makanan ke seluruh tubuh dan mengambil kembali segala buangan untuk dikeluarkan dari tubuh. Air juga dapat mempertahankan suhu badan, untuk membersihkan permukaan mata serta melicinkannya, sehingga gerak kelopak mata menjadi lancar. Ringkasnya, dalam segala fungsi kehidupan seperti bereaksi terhadap segala stimulus, tubuh, bermetabolisme, bereproduksi,air selalu memegang peranan penting.
Air sangat dibutuhkan bagi kehidupan masyarakat sehari-hari. Hal tampak dari tempat-tempat di bumi ini yang dipilih masyarakat untuk bermukim. Permukiman banyak ditemukan di sekitar perairan seperti sungai-sungai. Oleh karena itu, kota-kota di dunia ini pada awalnya terletak di dekat sungai-sungai. Manusia sebagai makhluk budaya juga terpengaruh oleh sifat-sifat lingkungan air, sehingga dapat mengembangkan teknologi dalam rangka mendayagunakan air yang ada. Air menstimulir manusia untuk membuat wadah-wadah air, baik dari tanah, perunggu, perak, maupun emas. Air juga menstimulir orang untuk membuat rakit, perahu, kapal-kapal, dan lain-lainnya, agar dapat mendayagunakan air sebagai media transportasi. Saat ini orang juga memanfaatkan air bagi pembangkit tenaga listrik, rekreasi, perikanan, dan industri lainnya.
Air adalah komponen utama dalam tubuh manusia, bahkan sekitar 55 % berat tubuh kita adalah air. Tanpa air makhluk hidup tidak mungkin tumbuh dan berkembang, karena air sangat vital untuk reaksi kimia tubuh. Air harus dikonsumsi setiap hari karena tubuh tidak bisa membuatnya. Untuk mengetahui peran air dalam tubuh kita, simak apa saja pengaruh air pada 7 bagian tubuh berikut ini.
1.    Otak
Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuat daya ingat lebih tajam, mood stabil dan motivasi lebih baik. Jika kecukupan air dalam tubuh baik, kemampuan kita dalam memecahkan masalah juga akan meningkat. Para ilmuwan menyebutkan kekurangan air akan menyebabkan aliran oksigen ke area otak berkurang sehingga sel-sel saraf menyusut sementara. Tak heran jika orang yang kehausan biasanya sulit berkonsentrasi.
2. Mulut
Air akan menjaga tenggorokan dan bibir lebih basah dan menjaga mulut agar tidak kekeringan. Kondisi mulut yang kering bisa memicu bau mulut dan rasa yang tidak enak, bahkan gigi berlubang.
3. Jantung
Dehidrasi akan menyebabkan penurunan volume darah, sehingga jantung akan bekerja lebih keras dalam memompa darah agar sel-sel tidak kekurangan oksigen. Akibatnya aktivitas fisik ringan seperti naik tangga atau berlari akan terasa lebih melelahkan.
4. Sirkulasi darah
Tubuh mengeluarkan panas dengan cara melebarkan pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit sehingga aliran darah lebih cepat dan panas lebih banyak yang dikeluarkan. Bila kita kekurangan cairan, dibutuhkan temperatur lingkungan yang lebih tinggi agar pembuluh darah melebar sehingga kita akan tetap kepanasan.
5. Otot
Bila kecukupan cairan terpenuhi, air di dalam dan luar sel yang berfungsi mengkontraksi otot menyediakan nutrisi yang cukup dan proses pembuangan berlangsung efisien sehingga performa tubuh akan baik. Air juga penting untuk melumaskan sendi. Namun kram otot tidak berkaitan dengan dehidrasi melainkan karena kelelahan otot.
6. Kulit
Jika seseorang menderita dehidrasi berat, kulit menjadi kurang elastis. Kondisi ini berbeda dengan kulit kering, yang biasanya disebabkan karena zat kimia dalam sabun, air panas atau terpapar udara kering. Sayangnya, minum cukup air tidak akan mencegah keriput.
7. Ginjal
Ginjal membutuhkan cairan untuk menyaring "sampah" dari peredaran darah dan membuangnya melalui urin. Kecukupan cairan juga akan membantu mencegah infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Dehidrasi berat akan menyebabkan ginjal berhenti berfungsi, sehingga toksin atau racun menumpuk di tubuh.

DAPATKAN FIE LENGKAPNYA 

Popular posts from this blog

Hadist Qouliyah, Fi’liyah dan Taqririyah

Hadits Qauliyah, Fi’liyah dan Taqririyah 1.       Hadits Qauli Yang dimaksud dengan hadist Qauli, ialah segala bentuk perkataan atau ucapan yang disandarkan kepada Nabi SAW. dengan kata lain hadist tersebut berupa perkataan Nabi SAW yang berisi berbagai tuntutan dan petunjuk syara’, peristiwa-peristiwa dan kisah-kisah, baik yang berkaitan dengan aspek akidah, syari’ah maupun akhlaq. Diantara contoh Hadist Qauli adalah hadist tentang do’s Rasulullah SAW yang ditujukan kepada orang yang mendengar, menghafal, dan menyampaikan ilmu. Hadist tersebut berbunyi: نَضَّرَ اللّهُ امْراءً سَمِعَ مِنَّاحَدِيْثًا فَحَفِظَةُ حَتَّى يُبَلِّغَهُ غَيْرَهُ فَاِنّهُ رُبَّ حَامِلٍ فِقْهٍ لَيْسَ بِفَقِيْهٍوَرُبَّ حَامِلٍ فِقْهٍ اِ لَى مَنْ هُوَ اَفْقَهُ مِنْهُ ثَلاَ   ثٌ خِصَالٍ لاَيَغِلُّ عَلَيْهِنَّ قَلْبُ مُسْلِمٍ اَبَدًا اِخْلاَ صُ الْعَمَلِ لِلّهِ وَمُنَا صَحَةُ وُلاَةِ الاْمرِ وَلُزُوْمُ الْجَمَاعةِ فَاِنَّ دَعْوَتَهُمْ تُحِيْطُ مِنْ وَرائِهِمْ (رواه احمد). Artinya: Semoga Allah

MAKALAH SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI JAWA

MAKALAH SEJARAH  MASUKNYA  ISLAM  DI JAWA I.      PENDAHULUAN Berbagai artikel, berbagai pendapat tentang sejarah masuknya Islam di Jawa yang sangat sulit untuk di percayai yang manakah diantaranya yang paling mendekati kebenarannya. Islam begitu sangat penting untuk diketahui asal muasal pembawanya ke Jawa, juga masih diragukan karena banyaknya pendapat tersebut sehingga para penganut Islam pun kontroversional dalam mengimani hal-hal yang berkaitan dengan proses-proses adanya Islam di Jawa. Banyak tokoh-tokoh pula yang berjasa atas berdirinya Islam di Jawa yang membawa pengaruh besar atas perkembanganya yang patut kita hargai pengorbananya kepada kita semua yang sehingga kini pun telah senantiasa hidup dalam kebenaran oleh karena ilmu-ilmu dan dakwah mereka yang meluruskan jalan kita sampai detik ini pun masih terkenang para penyebar terdahulu. Dengan bermacam-macam cara telah mereka tempuh demi terrcapainya tujuan mereka menyampaikan kebenaran agama Islam. Dala

10 Foto Syur Artis Indonesia Yang Bikin Heboh

pay per click advertising pay per click advertising [Putar Video SEKS: KLIK]   - Diabadikan, kata tersebut tampaknya sangat pantas untuk menilai sebuah jepretan  foto . Sangat wajar pula jika sebuah   pose  hanya dijadikan sebagai konsumsi pribadi. Lalu bagaimana jika   foto pribadi  itu tersebar ke publik? Dengan teknologi internet tampaknya hal-hal yang bersifat  pribadi  semakin tergadaikan. Bahkan, hal tersebut menimpa   artis-artis Indonesia . Ini dia   10 foto ‘nakal’ artis yang bikin heboh . 1. Mayangsari Pada 2009 lalu memang sedang hangat-hangatnya   hubungan ‘terlarang’ antara Mayangsari dan Bambang Trihatmodjo . Sempat tak mengakui terlibat   percintaan , namun   foto-foto nakal   mereka tersebar di internet. Ada beberapa   foto Mayang  mengenakan kimono terbuka yang memperlihatkan tubuhnya yang berbalut celana dalam dan bra.   Foto   tersebut cukup jelas memperlihatkan lekuk tubuh perempuan kelahiran Purwokerto tersebut. Foto kedua memperlihatkan kea