Skip to main content

Gambaran dan Suasana di Neraka Jahannam

Gambaran dan Suasana di Neraka Jahannam


Neraka Jahannam Merupakan tempat pennnyiksaan bagi hamba Allah SWT yang melakukan  dosa. Gambaran Tentang Jahannam ini di riwayatkan oleh Ibnu Abbas Ra, “Sesungguhnya pada hari kiamat akan didatangkan Neraka Jahannam yang di sekitarnya dikelilingi oleh para malaikat sebanyak 70.000 baris......”
Allah berfirman :
$pk¨XÎ) ÍGös? 9tt±Î/ ÎŽóÇs)ø9$%x. ÇÌËÈ
Artinya : “Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana.”
Beberapa hal yang dapat kita perhatikan dalam firman Allah SWT tentang gambaran dan suasana Neraka Jahannam, antara lain:
1.       Dalam jahannam, terdapat sebuah gunung api “Shu’uda”. Menurut riwayat Imam Ahmad, setiap kali penghuninya meletakan tangannya di atas gunung tersebut, maka tangannya langsung meleleh. Dan, ketika di angkat akan kembali semula. Dia akan menghabiskan waktu 70 tahun untuk mendakinya dan ketika akan turun, juga membutuhkan waktu 70 tahun pula.
2.       Terdapat cambuk-cambuk yang terbuat dari besi, seperti yang Allah Swt, jelaskan.
Nçlm;ur ßìÏJ»s)¨B ô`ÏB 7ƒÏtn ÇËÊÈ
Artinya: “Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi”.
3.       Terdapat Penjara Bulas, dimana orang-orang yang menyombongkan diri akan di giring kedalam neraka Jahannam tersebut seperti semut-semut kecil berbentuk manusia.
4.       Terdapat Lembah Maubiqa yang berisi nanah. Lembah ini diperuntutkan bagi penyembah berhala.
5.       Terdapat Lembah Atsam yang berisi ulat dan kalajengking. Lembah ii bagi mereka yang melakukan pembunuhan, perzinaan serta perbuatan syirik.
6.       Terdapat lembah al-Ghayy, yaitu lembah yang dialiri dengan nanah dan bercampur darah dari para ahli neraka. Lembah ini berada di dasar Neraka Jahannam yang diperuntutkan bagi mereka yang merehmekan shalat dan menuruti hawa nafsunya.
7.       Terdapat sebuah rumah yang bernama al-Fataq yang sangat panas. Ibnu Rajab pernah mengatakan bahwa jika pintunya terbuka, maka seluruh penduduk neraka akan menjerit tidak mampu menahan panas,
8.       Terdapat pula belenggu Jahannam yang terdiri dari tiga belenggu, yaitu: pertamabelenggu dari besi membara yang dipasang dileher penduduk neraka, kedua, belenggu al-Ashfad, yaitu tali api yang sangat kuat, sehingga membuat seseorang tidak berdaya, ketiga, belenggu as-Salasil, yaitu rantai besi yang panjangnya 70 hasta.





Popular posts from this blog

Hadist Qouliyah, Fi’liyah dan Taqririyah

Hadits Qauliyah, Fi’liyah dan Taqririyah 1.       Hadits Qauli Yang dimaksud dengan hadist Qauli, ialah segala bentuk perkataan atau ucapan yang disandarkan kepada Nabi SAW. dengan kata lain hadist tersebut berupa perkataan Nabi SAW yang berisi berbagai tuntutan dan petunjuk syara’, peristiwa-peristiwa dan kisah-kisah, baik yang berkaitan dengan aspek akidah, syari’ah maupun akhlaq. Diantara contoh Hadist Qauli adalah hadist tentang do’s Rasulullah SAW yang ditujukan kepada orang yang mendengar, menghafal, dan menyampaikan ilmu. Hadist tersebut berbunyi: نَضَّرَ اللّهُ امْراءً سَمِعَ مِنَّاحَدِيْثًا فَحَفِظَةُ حَتَّى يُبَلِّغَهُ غَيْرَهُ فَاِنّهُ رُبَّ حَامِلٍ فِقْهٍ لَيْسَ بِفَقِيْهٍوَرُبَّ حَامِلٍ فِقْهٍ اِ لَى مَنْ هُوَ اَفْقَهُ مِنْهُ ثَلاَ   ثٌ خِصَالٍ لاَيَغِلُّ عَلَيْهِنَّ قَلْبُ مُسْلِمٍ اَبَدًا اِخْلاَ صُ الْعَمَلِ لِلّهِ وَمُنَا صَحَةُ وُلاَةِ الاْمرِ وَلُزُوْمُ الْجَمَاعةِ فَاِنَّ دَعْوَتَهُمْ تُحِيْطُ مِنْ وَرائِهِمْ (رواه احمد). Artinya: Semoga Allah

MAKALAH SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI JAWA

MAKALAH SEJARAH  MASUKNYA  ISLAM  DI JAWA I.      PENDAHULUAN Berbagai artikel, berbagai pendapat tentang sejarah masuknya Islam di Jawa yang sangat sulit untuk di percayai yang manakah diantaranya yang paling mendekati kebenarannya. Islam begitu sangat penting untuk diketahui asal muasal pembawanya ke Jawa, juga masih diragukan karena banyaknya pendapat tersebut sehingga para penganut Islam pun kontroversional dalam mengimani hal-hal yang berkaitan dengan proses-proses adanya Islam di Jawa. Banyak tokoh-tokoh pula yang berjasa atas berdirinya Islam di Jawa yang membawa pengaruh besar atas perkembanganya yang patut kita hargai pengorbananya kepada kita semua yang sehingga kini pun telah senantiasa hidup dalam kebenaran oleh karena ilmu-ilmu dan dakwah mereka yang meluruskan jalan kita sampai detik ini pun masih terkenang para penyebar terdahulu. Dengan bermacam-macam cara telah mereka tempuh demi terrcapainya tujuan mereka menyampaikan kebenaran agama Islam. Dala

10 Foto Syur Artis Indonesia Yang Bikin Heboh

pay per click advertising pay per click advertising [Putar Video SEKS: KLIK]   - Diabadikan, kata tersebut tampaknya sangat pantas untuk menilai sebuah jepretan  foto . Sangat wajar pula jika sebuah   pose  hanya dijadikan sebagai konsumsi pribadi. Lalu bagaimana jika   foto pribadi  itu tersebar ke publik? Dengan teknologi internet tampaknya hal-hal yang bersifat  pribadi  semakin tergadaikan. Bahkan, hal tersebut menimpa   artis-artis Indonesia . Ini dia   10 foto ‘nakal’ artis yang bikin heboh . 1. Mayangsari Pada 2009 lalu memang sedang hangat-hangatnya   hubungan ‘terlarang’ antara Mayangsari dan Bambang Trihatmodjo . Sempat tak mengakui terlibat   percintaan , namun   foto-foto nakal   mereka tersebar di internet. Ada beberapa   foto Mayang  mengenakan kimono terbuka yang memperlihatkan tubuhnya yang berbalut celana dalam dan bra.   Foto   tersebut cukup jelas memperlihatkan lekuk tubuh perempuan kelahiran Purwokerto tersebut. Foto kedua memperlihatkan kea