Skip to main content

KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA




Kalau kita ngomongin tentang reproduksi remaja mungkin bagi kalian ini adalah hal yang tabu untuk di perbincangkan. Tapi sebenarnya ini adalah hal yang terpenting untuk kita ketahui terutama buat kalian para remaja, kesehatan reproduksi remaja itu tidak hanya membahas tentang bagaimana kerja system reproduksi ataupun fungsinya saja , kalau kita pelajari lebih dalam kesehatan reproduksi itu luas sekali. Kita bisa mengetahui tentang keputihan , menstruasi , mimpi basah, tumbang (tumbuh kembang) remaja, ada juga cara bagaimana kita memeihara organ reproduksi kita, dan masih banyak lagi .  buat kalian para remaja putri kalian harus tahu tentang menstruasi.  Ayo simak dan baca selengkapnya,,

Menstruasi adalah proses alamiah yang terjadi pada perempuan. Menstruasi merupakan perdarahan yang teratur dari uterus sebagai tanda bahwa organ kandungan telah berfungsi matang. Umunya, remaja yang mengalami menarche  adalah pada usia 12 tahun sampai denga 16 tahun. Periode ini akan mengubah perilaku dari beberapa aspek, misalnya psikolog dan lainnya. Pada wanita biasanya pertama kali mengalami menstruasi (menarche) pada umur 12-16 tahun. Siklus menstruasi normal setiap 22-35 hari dengan lamanya menstruasi selama 2-7 hari.
Fisiologi Menstruasi
1.       Stadium menstruasi
Stadium ini berlangsung selama 3-7 hari. Pada saat itu, endometrium (selaput rahim)dilepaskan sehingga timbul perdarahan. Hormon-hormon ovarium berada pada kadar paling rendah.

2.       Stadium proliferasi (masa subur setelah menstruasi)
Stadium ini berlangsung 7-9 hari. Dimulai sejak berhentinya darah menstruasi sampai hari ke-14. Setelah menstruasi berakhir, dimulailah fase proliferasidi mana terjadi pertumbuhan dari desidua fungsionalis yang mempersiapkan Rahim utuk perlekatan janin. Pada fase ini endometrium tumbuh kembali. Antara hari ke-12 sampai 14 dapat terjadi pelepasan sel telur dari indung telur (disebut ovulasi)

Stadium secret berlangsung 11 hari. Masa sekresi adalah masa sesudah terjadinya ovulasi. Hormn progesterone dikeluarkan dan memengaruhi pertumbuhan endometrium untuk membuat kondisi Rahim siap untuk implantasi (pembuahan/perlekatan janin ke rahim)

4.       Stadium premenstruasi
Stadium yang berlangsung selama 3 hari. Ada infiltrasi el-sel darah putih, bias sel bulat. Stroma bisa mengalami disintegrasi dengan hilangnya cairan dan secret sehingga akan terjadi kolaps dari kelenjar dan arteri. Pada saat ini terjadi vasokontriksi, kemudian pembuluh darah itu berelaksasi dan akhirnya pecah.


FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENSTRUASI

1.       Factor hormone
Hormone-hormon yang memengaruhi terjadinya haid pada seorang wanita yaitu FSH (follicle Stimulating Hormone) yang dikeluarkan oleh hipofisis, estrogen yang dihasilkan oleh ovarium, LH (LuteinzingHormone) yang dihasilkan oleh hipofisis, serta progesterone yang dihasilkan oleh ovarium.

2.       Factor enzim
Enzim hidrolitik yang terdapat dalam endometrium merusak sel yang berperan dalam sintesi protein, yang mengganggu  metabolism sehingga mengakibatkan regresi endometrium dan perdarahan.

3.       Factor vaskuler
Saat fase proliferasi (masa subur), terjadi pembentukan system vaskuler dalam lapisan fungsional endometrium. Pada pertumbuhan endometriumikut tumbuh pula arteri-arteri, vena-vena dan hubungan Antara keduanya. Dengan degresi endometrium, timbul statis dalam vena-vena serta saluran-saluran yang menghubungkannya dengan arteri, dan akhirnya terjadi nekrosis dan perdarahan dengan pembentukan hematoma, baik dari arteri maupun vena.

4.       Factor prostaglandin
Endometrium mengandung prostaglandin E2 dan F2. Dengan adanya desintegrasi endometrium, prostaglandin terlepas  dan menyebabkan kontraksi miomtrium sebagai suatu factor untuk membatasi perdarahan pada haid.

Buat kalian para remaja khususnya remaja putri, kalian harus mewaspadai tanda adanya masalah dalam menstruasi yang harus di konsultasikan kepada dokter ahlinya , salah satunya yaitu :
1.       Apabila haid itu tidak pernah teratur sejak semula walau telah melewati tahun-tahun “belajar” menarche (haid pertama kali)
2.       Timbul nyeri hebat terutama jika muncul kemudian yang di perkirakan ada gangguan dalam gangguan reproduksi, terutama jika rasa nyeri itu semakin lama semakin tambah intensitasnya
3.     Satu hal yang perlu diwaspadai adalah jika darah mengalir sangat berlebihan sehingga membutuhkan pembalut lebih dari selusin dalam sehari
4.       Panjang hari haid lebih dari 9 hari
5.       Muncul noktah darah Antara dua siklus haid (spotting)
6.       Warna darah kelihatan tidak seperti biasa, menjadi lebih kecoklatan atau merah darah segar.

Disarankan nih buat kalian para remaja putri, setiap sebulan sekali minum obat penambah darah. Untuk mecegah anemia, karna setiap bulannya darah kita hilang kurang lebih 60 cc.


Popular posts from this blog

Hadist Qouliyah, Fi’liyah dan Taqririyah

Hadits Qauliyah, Fi’liyah dan Taqririyah 1.       Hadits Qauli Yang dimaksud dengan hadist Qauli, ialah segala bentuk perkataan atau ucapan yang disandarkan kepada Nabi SAW. dengan kata lain hadist tersebut berupa perkataan Nabi SAW yang berisi berbagai tuntutan dan petunjuk syara’, peristiwa-peristiwa dan kisah-kisah, baik yang berkaitan dengan aspek akidah, syari’ah maupun akhlaq. Diantara contoh Hadist Qauli adalah hadist tentang do’s Rasulullah SAW yang ditujukan kepada orang yang mendengar, menghafal, dan menyampaikan ilmu. Hadist tersebut berbunyi: نَضَّرَ اللّهُ امْراءً سَمِعَ مِنَّاحَدِيْثًا فَحَفِظَةُ حَتَّى يُبَلِّغَهُ غَيْرَهُ فَاِنّهُ رُبَّ حَامِلٍ فِقْهٍ لَيْسَ بِفَقِيْهٍوَرُبَّ حَامِلٍ فِقْهٍ اِ لَى مَنْ هُوَ اَفْقَهُ مِنْهُ ثَلاَ   ثٌ خِصَالٍ لاَيَغِلُّ عَلَيْهِنَّ قَلْبُ مُسْلِمٍ اَبَدًا اِخْلاَ صُ الْعَمَلِ لِلّهِ وَمُنَا صَحَةُ وُلاَةِ الاْمرِ وَلُزُوْمُ الْجَمَاعةِ فَاِنَّ دَعْوَتَهُمْ تُحِيْطُ مِنْ وَرائِهِمْ (رواه احمد). Artinya: Semoga Allah

MAKALAH SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI JAWA

MAKALAH SEJARAH  MASUKNYA  ISLAM  DI JAWA I.      PENDAHULUAN Berbagai artikel, berbagai pendapat tentang sejarah masuknya Islam di Jawa yang sangat sulit untuk di percayai yang manakah diantaranya yang paling mendekati kebenarannya. Islam begitu sangat penting untuk diketahui asal muasal pembawanya ke Jawa, juga masih diragukan karena banyaknya pendapat tersebut sehingga para penganut Islam pun kontroversional dalam mengimani hal-hal yang berkaitan dengan proses-proses adanya Islam di Jawa. Banyak tokoh-tokoh pula yang berjasa atas berdirinya Islam di Jawa yang membawa pengaruh besar atas perkembanganya yang patut kita hargai pengorbananya kepada kita semua yang sehingga kini pun telah senantiasa hidup dalam kebenaran oleh karena ilmu-ilmu dan dakwah mereka yang meluruskan jalan kita sampai detik ini pun masih terkenang para penyebar terdahulu. Dengan bermacam-macam cara telah mereka tempuh demi terrcapainya tujuan mereka menyampaikan kebenaran agama Islam. Dala

10 Foto Syur Artis Indonesia Yang Bikin Heboh

pay per click advertising pay per click advertising [Putar Video SEKS: KLIK]   - Diabadikan, kata tersebut tampaknya sangat pantas untuk menilai sebuah jepretan  foto . Sangat wajar pula jika sebuah   pose  hanya dijadikan sebagai konsumsi pribadi. Lalu bagaimana jika   foto pribadi  itu tersebar ke publik? Dengan teknologi internet tampaknya hal-hal yang bersifat  pribadi  semakin tergadaikan. Bahkan, hal tersebut menimpa   artis-artis Indonesia . Ini dia   10 foto ‘nakal’ artis yang bikin heboh . 1. Mayangsari Pada 2009 lalu memang sedang hangat-hangatnya   hubungan ‘terlarang’ antara Mayangsari dan Bambang Trihatmodjo . Sempat tak mengakui terlibat   percintaan , namun   foto-foto nakal   mereka tersebar di internet. Ada beberapa   foto Mayang  mengenakan kimono terbuka yang memperlihatkan tubuhnya yang berbalut celana dalam dan bra.   Foto   tersebut cukup jelas memperlihatkan lekuk tubuh perempuan kelahiran Purwokerto tersebut. Foto kedua memperlihatkan kea