Skip to main content

Klasifikasi sengkenit lunak


Klasifikasi sengkenit lunak

Sengkenit lunak di bagi menjadi 4 dengan morfologi atau bentuk tubuh yang memiliki sedikit perbedaan adalah sebagai berikut :
a.     Argas

Ciri-ciri:
Tepi tubuh tipis dan tajam pada nimfa
Integumennya seperti kulit dan seringkali mengandung kancing kecil, bulat dengan sebuah lekuk ditengahnya
Dewasa pada garis pemisah dorsal dan ventral yang tajam



Argas percisus merupakan senkenit ayam atau kutu biru (sebenarnya apa yang disebut A.percisus adalah sesuatu janis yang kompleks mencakup A.persicus, A.sanchezi dan A.radiatus). Sengkenit ini panjangnya 0,5-1,3 cm dan lebarnya 0,25-0,6 cm. Sengkenit yang belum menghisap darah kira-kira tebalnya 0,75 mm dan yang sudah menghisap darah tebalnya hampir 3 mm. Sengkenit ini terdapat di bagian-bagian dunia yang curah hujannya ringan. Di Amerika Serikat sengkenit ini didapatkan di negara bagian sebelah selatan dan terutama di barat daya.
Siklus hidupnya sangat khas bagi sengkenit argasida pada umunya. Telur diletakkan di celah-celah dan lekukan-lekukan kandang unggas. Telur tersebut menetas dalam waktu 2 minggu sampai 3 bulan tergantung dari suhunya. Larva menempel pada unggas yang bulunya jarang-di bawah sayap, pada paha dan leher, dan tetap disitu untuk menghisap darah kira-kira seminggu.kemudian mereka jatuh dan menyilih menjadi nimfa sesudah beberapa hari. Nimfa menggunakan hampir seluruh waktunya bersembunyi di celah-celah dan lekukan-lekukan kandang. Mereka keluar pada waktu malam hari untuk makan pada unggas, tinggal hanya beberapa menit disitu dan kemudian kembali ke tempat persembunyiannya. Mereka makan dua atau tiga kali dan kemudian menyilih menjadi dewasa. Yang dewasa juga merupakan hampir seluruh waktunya dalam persembunyian, tetapi keluar pada malam hari untuk menghisap darah. Mereka memerlukan 20-45 menit untuk menghisap darah.
Yang betina bertelur 25-100 butir atau lebih setiap kali sesudah memakan darah, seluruhnya berjumlah kira-kira 700 butir. Kebiasaan sengkenit ayam stadium nimfa dan dewasa menyerupai kebiasaan kutu busuk. Nimfa dan dewsa mampu hidup dalam keadaan kelaparan selama kira-kira 5 tahun. Sengkenit ayam tidak hanya menghisap darah, tetapi dapa menularkan Borrelia anserina, spiroketa dari spiroketosis unggas. Sengkenit-sengkenit ini juga dapat menggigit manusia.



Ciri-ciri:
Tepi tubuh membulat,tanpa garis batas yang jelas
Hipostoma mempunyai gigi yang berkembang
Kulit mammilated atau tuberculated

Ornithodoros turicata, O.parkeri, dan O.hermsi terdapat di Rocky Mountain dan negara-negara  bagian Pantai Pasifik Amerika Serikat dan O.talaje di Kansas, California, dan Florida ke selatan sampai Argentina. Ornithodoros kadang-kadang terdapat di rumah-rumah dan terkadang di gubug-gubug kayu musim panas di Amerika Serikat bagian barat dan barat daya. Sengkenit ini gigitannya menyakitkan dan dapat membawa demam kambuhan yang disebabkan oleh spiroketa Borrelia recurrentis, O. Hermsi dan O.turica merupakan jenis yang paling penting. Betina yang masak berukuran 5-6 mm x 3-4 mm. Genus ini barangkali lebih penting pada rodensia liar dan manusia daripada ternak.
Yang betina bertelur dari bulan Mei sampai Oktober di celah-celah dan lekukan-lekukan kandang. Telur ini menetas dalam waktu 15 sampai 21 hari., dan beberapa hari kemudian, larva makan beberapa kali, tetap menempel pada induk semangnya selama 12 sampai 30 menit setiap kali makan. Mereka menyilih kira-kira dalam waktu 15 hari dan nimfanya makan untuk beberapa hari, menyilih menjadi nimfa instar kedua, makan lagi, dan menyilih menjadi instar ketiga dalam waktu 10-32 hari lagi. Nimfa ini kemudian makan dan menyilih menjadi stadium dewasa. Pembuahan terjadi bila jantan menaruhkan spermanofora pada lubang kelamin betina.
Yang betina mulai bertelur dalam waktu kira-kira sebulan. Siklus mulai dari telur ke telur berlangsung kira-kira 4 bulan di laboratorium, menunggu berbulan-bulan sebelum munculnya hewan yang mereka hisap darahnya. Sengkenit dewasa dapat hidup 7 bulan tanpa makan dan nimfa serta larvanya waktunya lebih singkat.












Ciri-ciri:
Tepi tubuh membulat,tapa garis batas yang jelas
Hipostoma kecil seperti sekop tanpa gigi yang efektif
Kulit pada limfa dan dewasatuberculated
Biasanya menyerang kelelawar




Ciri-ciri:
Tepi tubuh mermbulat tanpa batas yang jelas
Kulit pada dewasa granuler, pada limfa sangat berduri
Biasanya menyerang sapi,kuda atau kelinci

Otobius megnini yaitu sengkinit telinga berduri. Sengeknit ini terdapa di bagian-bagian dunia yang lebih panas, tetapi barangkali merupakan sengkenit asli bagi Amerika. Sengkenit ini tidak ada di daerah-daerah dengan curah hujan tahunan lebih dari 1000 mm. Larva dan nimfa ditemukan di dalam telinga sapi, kuda, keledai, biri-biri, kucing, anjing dan berbagai hewan liar di selatan mulai dari British Columbia sampai exico, Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Yang betina bertelur di atas tanah. Telur menetas dalam waktu 18 sampai 23 hari dan larva yang baru muncul merayap ke atas pada tumbuh-tumbuhan untuk menemukan hewan sebagai induk semangnya dan berjalan ke dalam lubang telinga. Disini mereka menempel, menghisap darah dan menyilih menjadi nimfa stadium pertama. Nimfa-nimfa ini menempel, menghisap darah kemudian menyilih menjadi nimfa stadium kedua yang juga menghisap darah. Sengkenit ini dapat berada di telinga selama 4 bulan. Nimfa yang kenyang menghisap darah panjangnya 8-10 mm. Kemudian mereka melepaskan diri, keluar dari lubang telinga, jatuh ke tanah dan menyilih menjadi stadium dewasa. Mereka berkopulasi dan yang betina mulai bertelur sampai kira-kira 5 bulan. Selama waktu itu mereka menghasilkan lebih dari 500 telur. Larva yang tidak makan mampu hidup 19 sampai 63 hari pada suhu kamar.

Popular posts from this blog

Hadist Qouliyah, Fi’liyah dan Taqririyah

Hadits Qauliyah, Fi’liyah dan Taqririyah 1.       Hadits Qauli Yang dimaksud dengan hadist Qauli, ialah segala bentuk perkataan atau ucapan yang disandarkan kepada Nabi SAW. dengan kata lain hadist tersebut berupa perkataan Nabi SAW yang berisi berbagai tuntutan dan petunjuk syara’, peristiwa-peristiwa dan kisah-kisah, baik yang berkaitan dengan aspek akidah, syari’ah maupun akhlaq. Diantara contoh Hadist Qauli adalah hadist tentang do’s Rasulullah SAW yang ditujukan kepada orang yang mendengar, menghafal, dan menyampaikan ilmu. Hadist tersebut berbunyi: نَضَّرَ اللّهُ امْراءً سَمِعَ مِنَّاحَدِيْثًا فَحَفِظَةُ حَتَّى يُبَلِّغَهُ غَيْرَهُ فَاِنّهُ رُبَّ حَامِلٍ فِقْهٍ لَيْسَ بِفَقِيْهٍوَرُبَّ حَامِلٍ فِقْهٍ اِ لَى مَنْ هُوَ اَفْقَهُ مِنْهُ ثَلاَ   ثٌ خِصَالٍ لاَيَغِلُّ عَلَيْهِنَّ قَلْبُ مُسْلِمٍ اَبَدًا اِخْلاَ صُ الْعَمَلِ لِلّهِ وَمُنَا صَحَةُ وُلاَةِ الاْمرِ وَلُزُوْمُ الْجَمَاعةِ فَاِنَّ دَعْوَتَهُمْ تُحِيْطُ مِنْ وَرائِهِمْ (رواه احمد). Artinya: Semoga Allah

MAKALAH SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI JAWA

MAKALAH SEJARAH  MASUKNYA  ISLAM  DI JAWA I.      PENDAHULUAN Berbagai artikel, berbagai pendapat tentang sejarah masuknya Islam di Jawa yang sangat sulit untuk di percayai yang manakah diantaranya yang paling mendekati kebenarannya. Islam begitu sangat penting untuk diketahui asal muasal pembawanya ke Jawa, juga masih diragukan karena banyaknya pendapat tersebut sehingga para penganut Islam pun kontroversional dalam mengimani hal-hal yang berkaitan dengan proses-proses adanya Islam di Jawa. Banyak tokoh-tokoh pula yang berjasa atas berdirinya Islam di Jawa yang membawa pengaruh besar atas perkembanganya yang patut kita hargai pengorbananya kepada kita semua yang sehingga kini pun telah senantiasa hidup dalam kebenaran oleh karena ilmu-ilmu dan dakwah mereka yang meluruskan jalan kita sampai detik ini pun masih terkenang para penyebar terdahulu. Dengan bermacam-macam cara telah mereka tempuh demi terrcapainya tujuan mereka menyampaikan kebenaran agama Islam. Dala

10 Foto Syur Artis Indonesia Yang Bikin Heboh

pay per click advertising pay per click advertising [Putar Video SEKS: KLIK]   - Diabadikan, kata tersebut tampaknya sangat pantas untuk menilai sebuah jepretan  foto . Sangat wajar pula jika sebuah   pose  hanya dijadikan sebagai konsumsi pribadi. Lalu bagaimana jika   foto pribadi  itu tersebar ke publik? Dengan teknologi internet tampaknya hal-hal yang bersifat  pribadi  semakin tergadaikan. Bahkan, hal tersebut menimpa   artis-artis Indonesia . Ini dia   10 foto ‘nakal’ artis yang bikin heboh . 1. Mayangsari Pada 2009 lalu memang sedang hangat-hangatnya   hubungan ‘terlarang’ antara Mayangsari dan Bambang Trihatmodjo . Sempat tak mengakui terlibat   percintaan , namun   foto-foto nakal   mereka tersebar di internet. Ada beberapa   foto Mayang  mengenakan kimono terbuka yang memperlihatkan tubuhnya yang berbalut celana dalam dan bra.   Foto   tersebut cukup jelas memperlihatkan lekuk tubuh perempuan kelahiran Purwokerto tersebut. Foto kedua memperlihatkan kea