Skip to main content

MAKALAH MUHAMMADIYAH Sejarah Lahirnya dan Doktrin Teologinya



MAKALAH MUHAMMADIYAH Sejarah Lahirnya dan Doktrin Teologinya 


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Muhammadiyah adalah gerakan modernis islam yang paling berpengaruh di Indonesia, dan gerakan ini lebih hati-hati serta luntur dalam menghadapi gelombang perubahan politik. Menurut para sejarawan gerakan islam modern muncul sejak akhir  abad ke-19, terutama dipelopori oleh Jamaluddin al-Afghani dan murid serta koleganya Muhammad Abduh. Muhammadiyah yang didirikan pada 8 Zulhijjah 1330H bertepatan dengan 18 Nopember 1912 Miladiyah oleh K.H. Ahmad Dahlan, setelah menerima pengaruh gagasan-gagasan Muhammad Abduhtentang perlunya usaha reformasi dan pembaharuan pendidikan islam di seluruh dunia. Usaha ini menjadi prasyarat bagi pembangunan kembali alam pikiran umat islam dalam menghadapi perubahan sosial yang begitu cepat di abad modern.   

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian Muhammadiyah?
2.      Bagaimana Sejarah lahirnya Muhammadiyah?
3.      Apa saja ruang lingkup Muhammadiyah?
4.      Bagaimana doktrin teologi Muhammadiyah

BAB II
PEMBAHASAN

1.      Sejarah Lahirnya Muhammadiyah
K.H. Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah sebagai upaya penyempurnaan pemikiran beliau dalam melaksanakan islam dengan sebenar-benarnya dan sebaik-baiknya. Sebelum resmi menjadi organisasi, embrio Muhammadiyah merupakan gerakan atau bentuk kegiatan dalam rangka melaksanakan agama islam bersama-sama. Dalam gerakannya itu, beliau dibantu oleh sahabat-sahabatnya ini membuktikan bahwa untuk melaksanakan islam tidak bisadilakukan sendirian, tetapi harus bersama sama dengan orang lain.
Faktor yang mendorong berdirinya Muhammadiyah :
a.       Faktor Subyektif
Ialah pelakunya sendiri. Kalau mendirikan Muhammadiyah maka harus dimulai dari orangnya sendiri. Pribadi K.H. Ahmad Dahlan (bukan fisiknya) itu sendiri merupakan Faktor subyektif. Faham dan keyakinan agama islam serta penghayatan dan pengamalannya menjadi faktor subyektif yang mendorong berdirinya Muhammadiyah. Orangnya berupa K.H. Ahmad Dahlan tetapi yang haqiqi dan faham agamanya, dilengkapi dengan penghayatan dan pengamalan agamanya.
Jadi, esensi yang mendorong kelahiran Muhammadiyah adalah faham dan keyakinan agama K.H. Ahmad Dahlan yang dilengkapi dengan penghayatan dan pengamalan agamanya. Inilah yang membentuk K.H. Ahmad Dahlan sebagai subyek yang mendirikan amal jariyah Muhammadiyah.
b.      Faktor Obyektif
Ialah keadaan dan kenyataan yang berkembang saai itu. Faktor Obyektif tersebut dibagi menjadi 2 :
1.      Faktor Intern umat Islam
Yang dimaksud dengan faktor obyekif dari kalangan umat islam ialah kenyataan bahwa ajaran agama islam yang masuk di indonesia kemudian yang menjadi agama umat islam di indonesia ternyata sebagai akibat perkembangan agama islam pada umumnya,sudah tidak utuh dan tidak murni lagi.
2.      Faktor ekstern
Faktor lain yang melatarbelakangi lahirnya pemikiran muhammadiyah adalah faktor yang bersifat eksternal yang disebabkan oleh politik penjajahan kolonial Belanda. Faktor tersebut antara lain tampak dalam sistem pendidikan kolonial serta usaha kearah Westernisasi dan Kristenisasi. Jadi faktor obyektif yang sangat merugikan islam adalah :
a.       Pemerintah penjajah belanda
b.      Antek-antek pemerintah Belanda yang  terdiri angkatan muda yang sudah mendapat pendidikan dari barat.
c.       Gerakan Nasrani yang menentang Muhammadiyah.[2]


Dalam pembentukannya, Muhammadiyah banyak merefleksikan kepada perintah-perintah Al-Qur’an, diantaranya surat Ali imron ayat 104 yang berbunyi:
ولتكن منكم أمة يدعون الى لخير ويأمرون بالمعروف وينهون عن المنكر وألئك هم المفلحون
Artinya: Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruh dan mencegah  dari yang mungkar, merekalah orang-orang yang beruntung.
·         Daftar pimpinan Muhammadiyah Indosia
1.      K.H. Ahmad Dahlan
2.      K.H. Ibrahim
3.      K.H. Hisyam
4.      K.H. Mas Mansur
5.      Ki Bagus Hadikusuma
6.      Buya AR Sutan Mansur
7.      H.M. Yunus Anis
8.      K.H. Ahmad Badawi
9.      K.H. Faqih Utsman
10.  K.H. AR Fachruddin
11.  K.H. A. Azhar Basyir, M.A
12.  Prof. Dr. H. M. Amien Rais
13.  Prof. Dr. H. A. Syafi’i Ma’arif
14.  Prof. Dr. H. M. Din Syamsuddin
 


DAPATKAN FILE LENGKAPNYA


[2] Abdul Munir Mulkhan, Muhammadiyah(sejarah,pemikiran dan amal usaha), PT Tiara wacana Yogya, Yogyakarta: 1990,hlm. 3-9

Popular posts from this blog

Hadist Qouliyah, Fi’liyah dan Taqririyah

Hadits Qauliyah, Fi’liyah dan Taqririyah 1.       Hadits Qauli Yang dimaksud dengan hadist Qauli, ialah segala bentuk perkataan atau ucapan yang disandarkan kepada Nabi SAW. dengan kata lain hadist tersebut berupa perkataan Nabi SAW yang berisi berbagai tuntutan dan petunjuk syara’, peristiwa-peristiwa dan kisah-kisah, baik yang berkaitan dengan aspek akidah, syari’ah maupun akhlaq. Diantara contoh Hadist Qauli adalah hadist tentang do’s Rasulullah SAW yang ditujukan kepada orang yang mendengar, menghafal, dan menyampaikan ilmu. Hadist tersebut berbunyi: نَضَّرَ اللّهُ امْراءً سَمِعَ مِنَّاحَدِيْثًا فَحَفِظَةُ حَتَّى يُبَلِّغَهُ غَيْرَهُ فَاِنّهُ رُبَّ حَامِلٍ فِقْهٍ لَيْسَ بِفَقِيْهٍوَرُبَّ حَامِلٍ فِقْهٍ اِ لَى مَنْ هُوَ اَفْقَهُ مِنْهُ ثَلاَ   ثٌ خِصَالٍ لاَيَغِلُّ عَلَيْهِنَّ قَلْبُ مُسْلِمٍ اَبَدًا اِخْلاَ صُ الْعَمَلِ لِلّهِ وَمُنَا صَحَةُ وُلاَةِ الاْمرِ وَلُزُوْمُ الْجَمَاعةِ فَاِنَّ دَعْوَتَهُمْ تُحِيْطُ مِنْ وَرائِهِمْ (رواه احمد). Artinya: Semoga Allah

MAKALAH SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI JAWA

MAKALAH SEJARAH  MASUKNYA  ISLAM  DI JAWA I.      PENDAHULUAN Berbagai artikel, berbagai pendapat tentang sejarah masuknya Islam di Jawa yang sangat sulit untuk di percayai yang manakah diantaranya yang paling mendekati kebenarannya. Islam begitu sangat penting untuk diketahui asal muasal pembawanya ke Jawa, juga masih diragukan karena banyaknya pendapat tersebut sehingga para penganut Islam pun kontroversional dalam mengimani hal-hal yang berkaitan dengan proses-proses adanya Islam di Jawa. Banyak tokoh-tokoh pula yang berjasa atas berdirinya Islam di Jawa yang membawa pengaruh besar atas perkembanganya yang patut kita hargai pengorbananya kepada kita semua yang sehingga kini pun telah senantiasa hidup dalam kebenaran oleh karena ilmu-ilmu dan dakwah mereka yang meluruskan jalan kita sampai detik ini pun masih terkenang para penyebar terdahulu. Dengan bermacam-macam cara telah mereka tempuh demi terrcapainya tujuan mereka menyampaikan kebenaran agama Islam. Dala

10 Foto Syur Artis Indonesia Yang Bikin Heboh

pay per click advertising pay per click advertising [Putar Video SEKS: KLIK]   - Diabadikan, kata tersebut tampaknya sangat pantas untuk menilai sebuah jepretan  foto . Sangat wajar pula jika sebuah   pose  hanya dijadikan sebagai konsumsi pribadi. Lalu bagaimana jika   foto pribadi  itu tersebar ke publik? Dengan teknologi internet tampaknya hal-hal yang bersifat  pribadi  semakin tergadaikan. Bahkan, hal tersebut menimpa   artis-artis Indonesia . Ini dia   10 foto ‘nakal’ artis yang bikin heboh . 1. Mayangsari Pada 2009 lalu memang sedang hangat-hangatnya   hubungan ‘terlarang’ antara Mayangsari dan Bambang Trihatmodjo . Sempat tak mengakui terlibat   percintaan , namun   foto-foto nakal   mereka tersebar di internet. Ada beberapa   foto Mayang  mengenakan kimono terbuka yang memperlihatkan tubuhnya yang berbalut celana dalam dan bra.   Foto   tersebut cukup jelas memperlihatkan lekuk tubuh perempuan kelahiran Purwokerto tersebut. Foto kedua memperlihatkan kea